Dampak Negatif dan Bahaya MSG bagi Kesehatan Tubuh

image

 

Kerusakan Sel Jaringan Otak

Hasil penelitan Olney di St. Louis. Tahun 1969 ia mengadakan penelitian pada tikus putih muda. Tikus-tikus ini diberikan MSG (Monosodium Glutamat) sebanyak 0,5 – 4 mg per gram berat tubuhnya. Hasilnya tikus-tikus malang ini menderita kerusakan jaringan otak. Namun penelitian selanjutnya menunjukkan pemberian MSG yang dicampur dalam makanan tidak menunjukkan gejala kerusakan otak.

 

 

Asam glutamat meningkatkan transmisi signal dalam otak, gamma-asam aminobutrat menurunkannya. Oleh karenanya, mengkonsumsi MSG berlebihan pada beberapa individu dapat merusak kesetimbangan antara peningkatan dan penurunan transmisi signal dalam otak (Anonimous 2006).

 

Kanker

MSG menimbulkan kanker betul adanya kalau kita melihatnya dari sudut pandang berikut. Glutamat dapat membentuk pirolisis akibat pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu lama. pirolisis ini sangat karsinogenik. Padahal masakan protein lain yang tidak ditambah MSG pun, bisa juga membentuk senyawa karsinogenik bila dipanaskan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang lama. Karena asam amino penyusun protein, seperti triptopan, penilalanin, lisin, dan metionin juga dapat mengalami pirolisis dari penelitian tadi jelas cara memasak amat berpengaruh.

 

Alergi

MSG tidak mempunyai potensi untuk mengancam kesehatan masyarakat umum, tetapi juga bahwa reaksi hypersensitif atau alergi akibat mengkonsumsi MSG memang dapat terjadi pada sebagian kecil sekali dari konsumen. Beberapa peneliti bahkan cenderung berpendapat nampaknya glutamat bukan merupakan senyawa penyebab yang efektif, tetapi besar kemungkinannya gejala tersebut ditimbulkan oleh senyawa hasil metabolisme seperti misalnya GABA (Gama Amino Butyric Acid), serotinin atau bahkan oleh histamin (Winarno 2004).

 

Wed, 6 Feb 2013 @09:56


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Recent Comment
  • LDII
    mantap bro,,, bisa aku ga...
  • Wanda
    Salam Sukses untuk HAS P...
  • Arman S
    Pak saya tertarik untuk m...
  • Syifa
    Terima kasih HAS dan Nugg...
image

Coming Soon, Susu Jagung

Untuk Penderita Diabetes

image

NUGGET SEHATI (Produksi: Bright Food)

Top Produk HAS Of The Month

image

Nugget Hijau Dan Nugget Kecantikan

Selamat Datang
image

Halal | Aman | Sehat


OFFICE
Jl Sindang Sari III No 9b
Antapani Bandung

CUSTOMER CARE
Mobile : 0878 2422 6999 / 0823 1600 6689
Pin bb : 32a33d0b
image

Brongkol Kopi Luwak

Copyright © 2020 HAS · All Rights Reserved